Iklan

LBNTIMES
Jumat, 10 Mei 2024, Mei 10, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-10T07:47:49Z
Daerah

Jasa Raharja Tanjungpinang Pastikan Perlindungan Penumpang Kapal Rute Pulau Tarempa – Pulau Jemaja

Advertisement


Lbntimes
, Tarempa--Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang jalin kerjasama dengan operator kapal PT Cuaca Marina dalam memberikan perlindungan bagi para penumpang kapal dengan rute Pulau Tarempa – Pulau Jemaja. Kerjasama tersebut tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, Selasa (07/05/2024).


Melalui petugas Jasa Raharja Samsat Anambas, Afwan Fatoni, menjelaskan dalam pertemuan tersebut “Keterjaminan penumpang kapal sudah termasuk dalam tiket kapal penumpang dimana Jasa Raharja mengutip premi dalam bentuk Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL).


 IWKL merupakan wujud dari Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang yang dikelola oleh Jasa Raharja berdasarkan UU No 33 Tahun 1964”. Afwan menambahkan “Jasa Raharja ditunjuk langsung oleh pemerintah untuk mengelola dana dalam memberikan perlindungan dan penjaminan bagi para penumpang kapal selama perjalanan” jelas Afwan.


Dalam Undang Undang No. 33 Tahun 1964, menyebutkan bahwa korban yang berhak atas santunan adalah setiap penumpang sah dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan diri, yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum, selama penumpang yang bersangkutan berada dalam angkutan tersebut, yaitu saat naik dari tempat pemberangkatan sampai turun di tempat tujuan. Dalam hal ini, para penumpang angkutan kapal laut termasuk dalam perlindungan Jasa Raharja.[]